Quarter-Life Crisis, Tenang Ini Wajar Kok!

krisis-dewasa-muda-R43127-rbxsvrqswwp
LIfe? Sumber: http://www.google.com

Pernah merasa bingung dengan hidup yang kamu jalani saat ini? Coba ini itu, pergi sana-sini tapi justru merasa tidak mendapatkan apa-apa. Bahkan tak jarang mulai muncul kekhawatiran bagaimana kelak masa depanmu. Hingga kamu mulai menanyakan dirimu sendiri apakah semua yang kamu lakukan adalah pilihan yang tepat. Tenang. Itu hal wajar terjadi pada orang dengan rentang usia 20-30 tahun.

Krisis seperempat baya atau quarter-life crisis adalah fase dimana seseorang merasa kebingungan dalam menentukan hidupnya atau semacam kehilangan arah mau dibawa kemana kehidupan yang dilakoni dalam hal apapun. Karir, hubungan, maupun hobi. Mereka yang mengalami krisis ini, hidupnya sering diliputi kekhawatiran, pertentangan batin  tiada henti. Menurut studi dalam Psikologi, krisis seperempat baya merupakan hal yang wajar. Bahkan bisa dibilang sebuah pengalaman yang positif. Dalam psikologi perkembangan, rentang usia tersebut merupakan tahapan perubahan dari remaja ke dewasa. Dan setiap tahapan pasti memiliki krisisnya masing-masing. Maka wajar jika fase pencarian jati diri ini menjadikan seseorang seperti kebingungan arah.

Supaya krisis seperempat bayamu bisa dilalui dengan baik, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Memilih Teman

Pada fase ini, kamu akan banyak membutuhkan teman untuk berbagi pikiran. Tidak seperti sebelum-sebelumnya yang hanya menghabiskan waktu untuk sekadar jalan-jalan ke mall atau bioskop, memilih teman yang mengerti betul siapa dirimu wajib hukumnya.

2. Berbagi dengan Yang Berpengalaman

Tidak ada salahnya membagi kisah dengan mereka yang kamu anggap sudah berpengalaman. Seperti mereka yang sudah mengalami fase ini atau orang yang kamu anggap memahami apa yang saat ini kamu rasakan. Setidaknya, dengan berbagi kisah, kamu bisa belajar cara yang mereka lakukan dalam melewati tahap ini.

3. Libatkan Orang Tua

Melibatkan orang tua kadang terlihat sedikit ribet. Tapi biar bagaimanapun, tidak ada buruknya meminta pertimbangan kepada keduanya. Toh, mereka sudah makan asam garam kehidupan lebih banyak dari kamu.

4. Perbanyak Membaca

Baik buku maupun laman-laman penyedia informasi, mencari tahu tentang kasus-kasus krisis seperempat baya bukanlah hal yang sulit. Namun jika kamu bukan tipe orang yang betah berlama-alam dengan layar handphone, buku cetak bisa jadi pilihan untukmu.

5. Self-acceptance

Penerimaan diri juga menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan. Dengan penerimaan terhadap dirimu sendiri, seharusnya kamu lebih bisa memahami siapa kamu, apa yang kamu senangi dan kamu inginkan.

6. Life Cycle

Hidup di lingkaran orang-orang yang memiliki visi yang baik, tentu akan menjadikan hidupmu lebih baik. Maka pada fase ini penting kiranya memilih lingkungan yang kondusif. Artinya mereka yang memang memiliki visi alias hidupnya terarah. Dengan demikian hidupmu juga lebih terarah. Saatnya meninggalkan kehidupan yang sia-sia.

Yap, beberapa hal ini bisa kamu lakukan mulai hari ini. Semoga bermanfaat.

 

2 respons untuk ‘Quarter-Life Crisis, Tenang Ini Wajar Kok!

  1. This such nice and useful article, thanks for telling this. I wish you could be better in making your content more and more

Tinggalkan komentar