[Ngabubu-Read]-10 Kutipan Kenapa Membaca Buku Itu Penting

cara-tingkatkan-minat-baca-buku-xdEaAGFgFy
Sumber news.okezone.com

Menurut sebuah laman berita, minat baca masyarakat Indonesia dibanding negara-negara Asia lainnya sangat jauh di bawah rata-rata. Semengerikan itukah? Tapi pada kenyataannya memang begitu. Coba deh tanyakan kepada diri kamu sendiri. Berapa buku yang sukses kamu khatamkan perharinya. Tidak usah perhari, perminggu misalnya. Satu saja belum tentu, kan. Jadi wajar kalau urusan ‘baca-membaca’ ini sepi peminat.

Guys, tahukan kamu ternyata membaca itu wajib kalau kamu ingin maju. Bahkan ada sebuah perkataan ‘kita 5 tahun yang akan datang adalah buku yang kita baca hari ini’. Tak ayal tokoh terkemuka dunia seperti Bill Gates –pendiri Microsoft, sebelum tidur ia selalu meluangkan waktunya untuk membaca.

Kalau belum percaya khasiat membaca, kutipan ini setidaknya mampu mengubah persepsimu soal keharusan membaca.

  1. A house without books is like a room without windows. –Heinrich Mann

Rumah tanpa buku ibarat sebuah ruangan tanpa jendela. Kebayang bagaimana rasanya tinggal disebuah ruangan tanpa jendela, panas, pengap, sesak dan pastinya kamu nggak bakal betah tinggal di sana.

  1. “The more that you read, the more things you will know. ― Seuss

Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal pula yang kamu ketahui. Percaya deh kalau membaca itu memang banyak manfaatnya. Dr. Seuss saja sampai bilang begitu.

  1. “Books are the quietest and most constant of friends; they are the most accessible and wisest of counselors, and the most patient of teachers.” ― Charles William Eliot

Buku-buku adalah teman yang paling dan selalu ada; gampang diperleh, konselor paling bijak sana dan guru yang paling sabar. Kok bisa? Yang rajin baca pasti paham maksudnya. Yang belum paham sering-sering saja baca.

  1. “Sleep is good, he said, and books are better.” ― George R.R. Martin

Tidur memang bagus, katanya, tapi buku-buku jauh lebih baik. Yang suka tidur, nih. Boleh kok tidur, seperlunya saja. Selebihnya manfaatkan untuk membaca.

  1. “Think before you speak. Read before you think.” ― Fran Lebowitz

Berpikirlah sebelum kamu berbicara. Bacalah sebelum kamu berpikir. Supaya kamu nggak asal ngomong. Baca buku itu harus.

  1. “There are worse crimes than burning books. One of them is not reading them.” ― Joseph Brodsky

Ada beberapa kejahatan yang paling buruk ketimbang membakar buku.  Salah satunya adalah dengan tidak membacanya. Kamu mau dibilang orang jahat gegara malas baca?

  1. “I read a book one day and my whole life was changed.” ― Orhan Pamuk

Suatu hari aku membaca sebuah buku dan hidupku telah berubah. Ternyata membaca buku juga bisa merubah hidup kamu lho.

  1. “Today a reader, tomorrow a leader.” ― Margaret Fuller

Hari ini pembaca, besok seorang pemimpin. Karena menjadi pemimpin itu bukan sekdara bim-salabim. Harus ada usaha. Salah satunya adalah banyak membaca.

Sumber quote http://www.goodreads.com

 

 

Tinggalkan komentar